Sunday, September 28, 2008

Ga Solid



Sebenarnya kata "ga solid" ini ditujukan buat siapa? Dan kenapa kata ini keluar? Hmm itu salah satu hal yang
sedang kupikirkan saat ini.

Waktu bekerja di citibank, aku memiliki tim yang namanya Patriot. Patriot memiliki semboyan yang kami sorakkan tiap pagi setelah meeting tim selesai. Begini bunyinya:
"Patriot! ALWAYS SOLID. Patriot! We can do it."
Dan yang kugarisbawahi disini adalah kalimat "ALWAYS SOLID". Kemudian aku berfikir, apakah saat itu aku merasakan ke-solid-an team? Bagaimana solid yang kami terapkan?

Hmm..akhirnya aku menemukan jawabannya. Dan jawaban tersebut lumayan bertolak belakang sama apa arti solid yang ada dibenak banyak orang. Tapi mungkin banyak orang telah menyadari arti solid seperti aku saat ini.

Solid memiliki banyak arti. Solid = benda/zat padat, kokoh, mendalam, keras, penuh, kuat.
Jadi bagaimanakah definisi apabila suatu kelompok dikatakan solid? Berdasarkan arti diatas berarti kelompok tersebut harus kuat, kokoh, dan mendalam.
Untuk menjadi kelompok yang solid, setiap anggota dalam tim tersebut harus memiliki visi/misi yang sama. Kemudian hati dan pikiran juga harus sama. Dan setiap anggota juga harus saling menerima agar muncul sinergi yang baik didalam kelompok tersebut.

Saat itu tim kami terdiri atas 14 orang (supervisor + anggota) dan semuanya memiliki karakter yang berbeda-beda. Berhubung kami adalah TSO, maka kami memiliki target tim yang harus dikejar setiap bulannya. Dan target tim tersebut dibagi-bagikan ke masing-masing anggota dengan porsinya masing-masing. Tiap-tiap anggota memiliki porsi berdasarkan levelnya. Semakin tinggi level anggota maka targetnya semakin tinggi.
Nah disinilah yang sering terjadi stress. Kenapa? Point itu sangat sulit didapatkan. Ada beberapa anggota yang udh achieve target sebelum akhir bulan. Dan ada yang udah akhir bulan belum mencapai target. Jika dia tidak mencapai target, maka target pun tidak bisa dicapai. Kecuali ada anggota yang over point yang bisa menutupi point yang lain sehingga target tim tercapai.
Disaat seperti itu, tentu saja yang tidak achieve point akan stress. Karena point ini adalah penentu take home pay, dan grade yang di rank tiap bulan. Dengan point rendah maka take home pay dan grade nya juga rendah.

Karena kami memiliki prinsip SOLID (dan kami memang solid), setiap ada teman yang tidak achieve target kami selalu bantuin dia agar achieve target. Dengan kata paling blak-blakan: kami kerja untuk menyelamatkan take home pay dan grade teman tersebut (grade digunakan untuk promosi ke level selanjutnya). Kami berkoar-koar untuk uang dan grade teman kami tersebut.


Dan herannya, kami melakukannya dengan senang hati. Tau dari mana senang hati? Karena semuanya melakukannya dengan suka cita, tidak terbeban, dan selama aku menjalani bekerja dengan tim patriot, tidak ada yang namanya saling menceritakan anggota (dibelakang) karena dia selalu mendapat point rendah, atau karena hal lain. Malah, biasanya kami buat meeting kecil dan menanyakan apakah dia ada masalah, dsb? Bukan hanya karena point, kami juga akan melakukan meeting kecil apabila ada teman yang terlihat bermasalah. Dan jika teman terlihat sedih, biasanya kami hibur dengan cerita-cerita lucu. Dan disana ga ada namanya tersinggung. Kami itu ga cepat tersinggung. Karena mudah tersinggun itu adalah sikap yang ga berlaku di dunia kerja yang keras spt ini. (Jadi teringat Yola, Yumi, Mba Mala, Mba Indah, Mba Flower, Arjuna, Mba Bella, Pascal, Ulfa, Desta, Damar).

Apabila tim kami ingin melakukan perjalanan, kami biasanya kompromi. Bagusnya pergi kemana (kecuali kalo dari "atas" udah menentukan tempat liburannya so kita ga bisa tawar-tawar lagi). Nah disitulah yang namanya kelompok, biasanya ada yang tidak bisa ikut. Kami tanyakan kenapa tidak bisa ikut. Dia berikan alasannya. Walopun gitu kami tetap merayu agar dia gabung ke acara tim. Tetapi kalo dia memang tetap tidak bisa, kami menghargai dia. Kami tidak pernah menyalahkan dan menyudutkan dia karena dia tidak bisa ikut acara tim dan kami tidak pernah men-judge dia ga solid, ga kompak. Because overyone has a reason. Kami mendukung dia akan kegiatannya dan dia juga mendukung kami atas kegiatan kami. Mungkin di lain waktu dan kesempatan dia akan ikut. See????? Walopun terkadang terjadi hal seperti itu di tim kami, kami tetap solid (kompak). Karena apa? Kami saling menghargai dan menerima. Dan itu bukanlah batu sandungan buat kami. Sekali lagi, kami menghargai segala perbedaan, dan saling mendukung apa yang terbaik buat tim.


Jadi menurutku solid atau tidak solidnya seseorang terhadap teman, tim, atau lingkungannya bukan dilihat dari bahwa setiap kegiatan yang dilakukan harus selalu bersama-sama. Melainkan, lihatlah kerja sama yang telah terbangun selama ini dan dukungannya terhadap tim. Itulah solid yang sebenarnya.
Dan menurutku, orang yang men-judge orang lain ga kompak dan ga solid walopun seseorang tersebut udah kasi alasan, sebenarnya dialah YANG TIDAK SOLID, TIDAK KOMPAK.

P.S : Just my opinion. So jgn terlalu diambil ke hati buat yang merasa.. ^ __ ^

No comments: